Kamis, 28 November 2013

KOMUNIKASI MELALUI BAURAN PEMASARAN

1. PENGERTIAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Bauran komunikasi pemasaran atau marketing communication mix/promotion mix) merupakan ramuan sekaligus penerapan lima alat promosi atau pwmasang iklan, penjualan personal, promosi penjualan,hubungan masyarakat. dan komunikasi langsung) utama perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. menurut Kotler (2005:249) Bauran komunikasi pemasaran merupakan penggabungan dari lima model komunikasi pemasaran yakni :
a. Iklan
b. Promosi Penjualan
c.Hubungan Masyarakat dan Pemberitauan
d. Penjaualan Pribadi
e. Pemasaran langsung dan Interaktif
2. UNSUR-UNSUR BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN
a. Iklan
iklan merupakan penyejian informasi non personal tenang produk, merek, perusahaan atau gerai yang didanai oleh sponsor. Iklan bertujuan mempengaruhi citra, keyakinan, dan sikap konsumen terhadap produk dan merek seta perilaku konsumen. Bahkan iklan bisa dianggap manajemen citra yakni menciptakan dan menancapkan citra serta makna-makna di benak para konsumen. biasanya iklan dapat disampaikan melalui radio, media cetak,media elektronik, billboard atau media lainnya. 
b. Promosi Penjualan
promosi penjualan adalah bujukan langsung pada konsumen untuk membeli suatu produk. Promosi dapat dilakukan melalui program diskon ataupun menawarkan nilai tambah atau premi dimana bila konsumen mau membeli produk tersebut. walau iklan pada televisi  bisa menjadi glamor, namun lebih banyak dana pemasar justru dialokasikan untuk berbagai bentuk promosi. Promosi sendiri dapat didenisikan sebagai peningkatan rasio nilai harga yang bertujuan mendongkrak penjualan. Terdapat aspek kunci pada promosi yakni lebih menggerakkan produk saat ini juga, tidak mengganggu besoknya.
c. Personal Selling (penjualan personal)
Personal selling mencangkup pada interaksi-interaksi langsung antara wiraniaga dan calon pembeli. personal selling bisa menjadi metode komunikasi paling efektif. walau di negara-negara barat khususnya dianggap relatif mahal. dengan adanya komunikasi dua arah keterlibatan situasi konsumen cenderung menjadi meningkat cukup tinggi dan wiraniaga bisa mengubah presentasi penjualan agar mampu mempengaruhi konsumen secara efektif. Produk tertentu amat mengandalkan promosi melalui personal selling.
d. Humas dan publisitas
Publisitas memiliki cakupan pada di berbagai bentuk komunikasi guna untuk meningkatkan citra pada perusahaan, produk atau merek. sebagai contoh, artikel liputan artikel liputan khusus koran kompas yang membandingkan sejumlah merek laptop memberi informasi produk berguna bagi konsumen, tanpa pelaku pasar komputer mengeluarkan uang.begitu pula, liputan produk serta merek-merek baru, komparasi merek-merek di maajalh bisnis, koran atau internet atau juga talkshow di radio atau di televisi untuk penyampaian informasi mengenai produk pada konsumen. 
e. Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung  merupakan hubungan langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat dengan bertujuan untuk mendapatkan tanggapan sesegera mungkin untuk mencipatakan hubungan baik dengan pelanggan yang langgeng. Meliputi telemarketing,catalog dan pasang poster di kios-kios.
3. FAKTOR-FAKTOR DALAM MENENTUKAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Pada perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam mengembangkan bauran promosinya : jenis pasar produk, kesiapan konsumen melakukan pembelian, dan tahap dalam siklus hidup produk tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan pemasar dalam menggnakan bauran promosi, diantaranya adalah:
1. Jenis Pasar Produk
Alokasi bauran komunikasi berbeda-beda antara pasar konsumen dan pasar bisnis. Pemasaran konsumen mengeluarkan uang secara berturut-turut untuk promosi penjualan,iklan, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat. Penjualan pribadi memberikan sumbangan yang besar dalam pemasaran barang konsumen. Namun penjualan pada perusahaan konsumen yang terlatih dengan efektif dapat memeberikan 4 sumbangan penting sebagai berikut:
- Posisi persedian yang meningkat,
- Pembangunan antusiame,
-Penjualan missioner,
-Manajemen pelanggan utama,
2. Tahap Kesiapan Pembeli
terdapat lima tahap kesiapan membeli yaitu :
1. Tahap  kesadaran,
2. Tahap pengetian,
3.Tahap keyakinan,
4. Tahap pemasaran,
5. Tahap pemesanan kembali.
3. Tahap Siklus Hidup Produk
Alat-alat komunikasi juga memiliki efektifitas biaya berbeda sesuai dengan tahap siklus hidup produk yang berbeda. Ada 4 tahap siklus hidup produk yaitu,
1. Tahap Perkenalan 
  Iklan dan pemberitauan memiliki tingkat efektifitas biaya tetinggi, disusul penjualan pribadi untuk memperoleh jangkauan distribusi dan promosi, penjualan untuk mendorong konsumen agar mencobanya.
2. Tahap Pertumbuhan
    Permintaan mempunyai momentumnya sendiri melalui cerita dari mulut kemulut atau word of mouth.
3. Tahap Kemapanan
    Secara berturut-turut, promosi penjualan,  iklan dan penjualan pribadi semuanya makin berperan penting.
4. Tahap Kemunduran
    Promosi penjualan tetap berperan kuat, alat-alat komunikasi berkurang, dan wiraniaga hanya memberikan sedikit perhatian pada produk tersebut.
4. KOMINIKASI PEMASARAN TERPADU
IMC atau Integrated Marketing Communication merupakan sebuah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep dari IMC (Blythe, 2003) yaitu :
1. Perubahan pada pasar konsumen
2. Perubahan pada pasar bisnis
5. TAHAP-TAHAP MEMBENTUK KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
a. Mengidentifikasi Target Pendengar 
Komunikator pemasarn harus memiliki target pendengar yang jelas. Pengar dapat terdiri dari calon pembeli potensial dari produk perusahaan, pemakai produk, pengambil keputusan atau pemberi pengaruh. Audience ini akan berpengaruh terhadap keputusan yang diambil komunikator tentang apa, bagaimana , kapan dan kepada siapa harus bicara.
b. Menentukan Tujuan Komunikasi'
Respon akhir yang diinginkan dari target audience tentunya "membeli" dan "puas". Namun tindakan membeli adalah hasil dari proses yang panjang dalam pengambilan keputusan. Terdapa 4 model berbeda mengenai tahap respon konsumen yaitu : :AIDA MODEL","Hierarchy of effects models,"Inovation adoption model", dan "Communication model". 
c. Merancang Pesan Yang Akan Disampaikan 
Dalam merancang bentuk pesan ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu Apa yang harus dikayakan (isi pesan),bagaimana mengatakannya secara logis atau struktur pesan,bagaimana mengatakannya lewat simbol-simbol dan siapa yang akan mengatakannay (sumber pesan).
-Isi Pesan
Isi pesan terdiri dari 3 jenis yang berbeda yaitu :
-Rational    :  Berisi tentang keunggulan produk dalam memberikan manfaat tertentu.
-Emotional : Isi pesan yang berusaha membangkitkan emosi negatif atau positif yang akan memberikan    dorongan untuk membeli.
-Moral       : Isi pesan yang megarahkan pada pikiran pada konsumen tentang apa yang benar dan apa yang patut. pemasar meberikan dorongan agar konsumen peduli dan mendukung terhadap masalah sosial seperti kebersihan lingkungan.
-Struktur Pesan
Efektifitas pesan juga tegantung dari strukturnya. Terdapat 3 jenis struktur pesan yaitu:
-Conclusion Drawing, berdasarkan riset mutahir yakni menunjukan iklan yang terbaik yakni ikaln yang memberikan gambaran kesimpulan dengan memberi pertanyaan dan membiarkan penerima pesan membuat kesimpulan.
-One-or two arguments, yaitu mengenai apakah pemasar harus memberikan pujian-pujian akan keunggulan produk tersebut saja (one sided).
-Order of presentation,dalam hal ini penyajian, apakah argumen yang paling kuat akan diberikan di awal atau diakhir.
-Bentuk Pesan
Pemasar harus membuat bentuk pesan yang baik. seperti dalam media iklan atau media cetak, harus diputuskan mengenai headline,ilustrasi dan warna.
-Sumber Pesan
Pesan yang disampiakan melalui sumber yang menarik untuk mendapatkan perhatian dan berkesan. pembuat iklan dapat menggunakan selebritis sebagai juru bicara seperti artis, olahragawan atau model. 
-Memilih Saluran Komunikasi, pemasaran harus memilih saluran yang efektif untuk menyampaikan pesan. Saluran komunikasi terdiri dari 2 jenis yaitu :
a. Personal, melibatkan 2 orang atau lebih yang saling berkomunikasi secara langsung. komunikasi ini dilakukan dengan bertatap muka,lewat telepon atau lewat surat.
b. Non personal, pesan ini disampaikan tanpa kontak personal atau interaksi perorangan,tapi lewat media, suasana dan peristiwa.
-Membuat Anggaran Total Untuk Promosi
Tahapan ini yang paling sulit,terdapat 4 metode yang bisa dipakai dalam menyusun anggaran promosi:
1. Affordable Method
2. Percentage of Sales Method
3. Competitive-Parity Method
4. Objective and Task Method
-Menentapkan Buuran Promosi Total
Anggaran promosi yang telah disusun, kemudian dialokasikan untuk penggunaan alat promosi seperti media iklan, promosi penjaulan, direct marketing, public relayion dan sales force. 
6. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BAURAN PROMOSI 
Jenis produk yang dipasarkan : Perusahaan yang memasarkan consumer goods yang lebih banyak menggunakan media iklan kemudian sales promotion, personal selling dan public relation. untuk industrial goods lebih banyak menggunakan personal seliing, kemudian sales promotion. PushVs Pull Strategi. Push Strategi, meliputi kegiatan pemasaranan yang diarahkan pada saluran perantara untuk membujuk mereka agar mau memesan dan membawa produk untuk dipromosikan kepada end user. Buyer-readiness stage: Efektifitas dan biaya masing-masing promotional tools berbeda pada tiap tahapan proses pembelian. Iklan dan Publisitas adaala yang paling efektif untuk tahapan selanjutnya. Product Life cycle Stage : Efektifitas dan biaya promotional tools  yang juga berbeda pada tiap siklus hidup produk. dalam tahap perkenalan, iklan dan publisitas akan efektif kemudian diikuti dengan sales promotion untuk membujuk orang agar mau mencoba dan personal selling untuk dapat mengcover distribusi yang luas. 
Mengorganisasikan dan mengelola Komunikasi Pemasaran yang Terintegrasi Komunikasi pemasaran yang terintegrasi tau menyeluruh akan menghasilkan pesan-pesan yang konsisten, penjadwalan yang tepat dan efektifitas biaya serta dampak yang lebih besar pada penjualan. IMC akan mengembangkan kemampuan  perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang tepat dengan pesan yang tepat dalam waktu yang teapat dan pada tempat yang tepat.
KESIMPULAN 
 Pada strategi bauran komunikasi dan langkah komunikasi efektif sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap perusahaan. Pada promosi yang dilakukan di bauran komunikasi ada 5 alat promosi seperti :
- Pemasangan iklan
-Penjualan personal
-Promosi penjualan
-Hubungan masyarakat
-Pemasaran langsung
Tahapan komunikasi dan strategi pesan disusun berdasarkan pencapaian kesadaran atas keberadaan sebuah produk atau jasa, menumbuhkan sebuah keinginan untuk memiliki atau mendapatkan produk, sampai dengan mempertahankan loyalitas pelanggan. Pemasar dapat memilih di antara berbagai strategi komunikasi pemasaran. Mereka yang smart akan mengkombinasikan berbagai instrumen tersebut dalam suatu strategi yang disebut Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing Communication.
Daftar pustaka


Edris,Muhammad. Dasar-dasar Pemasaran. Fakultas Ekonomi UMK.Kudus.
http://daraadilasandy.wordpress.com/2011/05/28/ bauran-pemasaran-marketing-mix/;diakses pada tanggal 28 September 2013.
http://id.wikipidia.org/wiki/Komunikasi_pemasaran; diakses pada tanggal 29 September 2013.
http ://futho-pemasaran.blogspot.com/;diakses pada tanggal 7 Oktober 2013.
http: //integrated-marketing-communications.blogspot.com/2008/01/bauran-komunikasi-pemasaran.html;diakses pada tanggal 7 Oktober 2013.
http://uyungs.wordpress.com/2009/01/11/empat-unsur-bauran-pemasaran-konvensional/;diaksespada tanggal 7 Oktober 2013.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar