Minggu, 17 November 2013

ELEMEN PEMASARAN

 Pemasaran (marketing)
Pada intinya pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Definisi dari seorang ahli mengatakan pemasaran adalah memenuhi kebutuhan sosial dengan cara yang menguntungkan. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jas bisa sesuai dengan kebutuhannya, sehingga produk atau jasa bisa sesuai dengan kebutuhannya sehingga terjual sendiri. Idealnya, pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Dengan demikian yang dibutuhkan hanyalah memeastikan produk dan jasa yang tersedia. 
Dalam Stretegi Marketing Mix
untuk tetap membuat suatu produk agar teetap bisa eksis di pasar adalah dengan memperhatikan 4P dalam strategi marketing mix, yaitu place(tempat), Promotion (Promosi), Price(harga), dan Product (produk).
Place (Tempat)
Place (tempat) merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan bagi seorang marketing dalam menjalankan usahanya. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi penjualan produk yang akan dijualnya. Dengan menentukan tepat, maka produk yang akan dipasarkan akan dapat terjual lebih maksimal.
Promotion (Promosi)
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan selanjutnya adalah promotion atau promosi. Hal ini menjadi keharusan bagi suatu perusahan dalam mempromosikan produknya agar dikenal oleh masyarakat. Dengan melakukan prmosi, produk,produk akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat.
Price (Harga)
Menentukan harga suatu produk bukanlah menjadi hal yang mudah bagi suatu perusahaan. Perusahaan tidak boleh sembarangan dalam menentukan harga juala produknya. Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk menentukan harga suatu produk. Harga haruslah memenuhi segala aspek yang masuk ke dalam setiap produk.
Product (Produk)
Perusahaan harus bisa membuat produk yang dapat memenuhi keinginan konsumen yang menjadi sasarannya. Karena pada dasarnya produk yang dihasilkan haruslah bisa menyesuaikan keinginan pasar atau kosnumen pada saat itu. Pada dasarnya siklus hidup produk di bagi menjadi 4 tahap yaitu :
1. Tahap Pengalan
Perusahaan yang merencanakan untuk memperkenalnkan untuk sebuah produk baru harus memutuskan kapan mereka memasuki pasar. Menjadi pengusaha pertama yang memasuki pasar memberikan imbalan, tetapi juga beresiko dan mahal.memepercepat waktu inovasi penting zaman dimana siklus hidup produk semakin pendek. Sebagaian mengidentifikasi bahwa pelapor mendapatkan keunggulan terbesar, meski demikian keunggulan pelapor bukan hal yang pasti karenya pelapor harus waspada tehadap apa yang disebut "keunggulan penggerak kedua".
2. Tahap Pertumbuhan
Tahap pertumbuhan ditandai dengan peningkatan pesat dalam penjualan. Pengadopsi awal menyukai produk dan konsumen selanjutnya mulai membelinya. Pesaing baru masuk, tertarik oleh peluang, mereka memperkenalkan fitur produk baru dan memeprluas distribusi. Selama tahap pertumbuhan perusahaan menggunakan beberapa strategi untuk mempertahankan pertumbuhan pasar yang pesat diantaranya :
a. Perusahaan memperbaiki kualitas produk dan menambah fitur produk baru serta memperbaiki gaya.
b. Perusahaan menambah model baru dari produk petarung. Perusahaan memasuki segmen pasar baru.
c. Perusahaan meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki saluran distribusi baru.
d. Perusahaan beralih dari iklan kesadaran produk menjadi iklan preferensi produk.
e. Perusahaan menurunkan harga untuk menarik lapisan pembeli berikutnya yang sensitif terhadap harga.
3. Tahap Kedawasaan 
Pada titik tertentu tingkat pertumbuhan penjualan akan melambat, dan produk akan memasuki tahap kedewasaan. Tahap ini lebih lama dari tahap-tahap sebelumnya. Tahap kedewasaan dibagi menjadi 3 fase :
a. Pertumbuhan  : tingkat petumbuhan mulai menurun, tidak ada saluran distribusi yang harus di isi, kekuatan pesaing baru juga mulai muncul.
b. Kestabilan   :  penjualan mendaftar pada basis perkapita karena kejenuhan pesaing. Sebagian besar konsumen potensial telah mencoba produk dan penjual masa depan diatur oleh pertumbuhan popoulasi dan permintaan penggantian.
c. Terkikis          : tingkat penjualan absolut mulai menurun dan pelanggan mulai beralih ke produk lain.
      Namun ada tiga cara yang bermanfaat dan berpotensi untuk mengubah arah jalan merek adalah :
1. Modifikasi Pasar
Berusaha memperluas pasar dengan menghitung 2 faktor yang membentuk volume penjualan, yaitu volume = penggunaan merek x tingkat penggunaan per pelanggan.
2. Modifikasi Produk
Manajer juga berusaha merangsang penjualan dengan memodifikasi karakteristik produk melalui perbaikan kualitas, fitur dan gaya.
3. Modifikasi Program Pemasaran
Manajer produk juga berusaha merangsang penjualan dengan memedifikasi elemen program pemasaran lain seperti harga, distribusi, iklan dan promosi personal dan layanan.
4. Tahap Penurunan
Penjualan menurun karena sejumlah alasan meliputi kemajuan teknologi, perubahan selera konsumen dan peningkatan pesaing domestik dan pesaing domestik dan luar negri. Semuanya dapat menyebabkan kelebihan kapasitas, peningkatan pemotongan harga dan pengikisan laba. Penurunan bisa lambat, atau cepat atau penjualan bisa sampai jatuh. 
The Marketing Communocation Mix
The Maerketing Communication Mix adalah campuran khusus periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan perusahaan pemasaran langsung yang digunakan untuk mengejar iklan dan tujuan pemasaran. Beberapa hal tersebut merupakan komponen penting dalam menjalankan marketing communication mix.
1. Periklanan merupakan segala bentuk presentasi nonpersonal yang dibayar untuk memperomosikan barang atau jasa yang dihasilkan oleh sponsor yang teridentifikasi.
2. Personal selling merupakan bentuk presentasi pribadi oleh teman tenaga pemasaran perusahaan untuk tujuan melakukan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
Hal ini bertujuan agar hubungan baik dengan costumer dapat terjalin, serta mampu membuat costumer tersebut menjadi pelanggan dari perusahaan tersebut.
3. Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Denga nkata lain promosi penjualan merupakan bentuk pengenalan suatu produk atau jasa yanag akan dipasarkan kepasa masyarakat agar masyarakat mengenal dan percaya akan produk terbeut dan mau menggunakan produk tersebut.
4. Hubungan masyarakat atau Public Relation digunakan untuk membangun hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan memperoleh publisitas yang menguntungkan, membangun sebuah "kelola perusahaan yang baik", dan sebagai penanganan atau pengarahan apabila terjadi rumor, serita dan peristiwa yang tidak menguntungkan.
5. Pemasaran langsung merupakan  komuinikasi langsung denganb individu konsumen yang ditargetkan secara hati-hati untuk mendapatkan tanggapan langsung dan menumbuhkan hubunga dengan nasabah.
7 Elemen Komunikasi
Terdapat 7 elemen yang mendukung teriptanya pertukaran pesan, yaitu sumber pesan,saluran, penerima,hambatan, tanggapan dan situasi.
1. Source atau Sumber
Meruapakan seseorang yang berperan dalam proses komuinikasi. orang yang berperan dari komunikasi adalah pengirim (sender), encoder,komunikator dan pembicara (speaker).
2. Massage (Pesan)
Pesan adalah hal-hal yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Pesan merupakan seperangkat simbol verbal maupun nonverbal yang berisi ide,sikap, dan nilai-nilai dari pengirim. pesan  sendiri memiliki makan simbol yang digunakan dalam menyampaikan makana, serta bentuk atau organisasi.
3. Chanenel (Saluran)
Saluran adalah alat yang digunakan sumber atau sender untuk menyampaiakan pesannya kepada penerima receiver.
4. Receiver (Penerima)
  Penerima adalah orang yang menerima pesan. Penerima pesan sering disebut dengan sasaran atau tujuan,decoder atau khalayak atau audience.
5. Barriers (Hambatan)
Hambatan adalah faktor yang menyebabakan terjadinya kesalahan dalam pemaknaan pesan yang sender samapaikan kepada receiver. Hambatan ini bisa berasal dari pesan, saluran, dan pendengar. Ada beberapa teori yang menggunakan itilah noise untuk menyebut elemen pengganggu.
6. Feedback atau Tanggapan 
Feedback rmerupakan reaksi dan respons pendengar atau komunikasi yang sender lakukan. feedback bisa dalam bentuk komentar atau tertulis, surat, atau polling. feedback mengatur aksi mengatur aksi komuniaksi kita.
7. Situation (situasi)
Situasi adalah salah satu elemen paling penting daslam proses komunikasi pidato. Komuniakasi harus berlangsung berpegaruh pada suatu kondisi atau konteks. Situasi atau keadaan selama komuniaksi berlangsung berpengaruh terhadap mood pembicra maupun pendengar, saluran atau media yang dipakai dan feedback audience. dalam proses mencapai kesepakatan, laximnya berlangsung secara beratahap. Karena itu, lebih awal kita perlu memperhatikan 5 hal sasaran poko dalam proses komuniaksi, yaitu :
1. Membuat pendengar mendengarkan  apa yang kita lakukan
2. Membuat pendengar memahami apa yang mereka dengar atau lihat
3. Membuat pendengar menyetujui  apa yang mereka dengar 
4. Membuat pendengar mengambil tindakan yang sesuai dengan maksud kita dan maksud kita bisa merek terima.
5. Memperoleh umpan balik dari pendengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar