Sabtu, 30 November 2013

PENGARUH LINGKUNGAN PADA KOMUNIKASI PEMASARAN DAN STAKHORDER

 BAB II 
PEMBAHASAN

PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Komunikasi pemasaran adalah sarana di manaa perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan kosumen-konsumen langsung maupun tidak langsung, tentang produk dan merek yang dijual. Intinya komunikasi pemasaran merepresentasikan "suara"perusahaan dan membangun hubungan dengan konsumen. Komunikasi pemasaran juga melaksanakan banyak fungsi bagi konsumen. Komunikasi pemasaran dapat memberitahukan dan memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa produk itu digunakan, oleh orang yang seperti apa, serta simana dan kapan.Konsumen dapat mempelajari tentang siapa yang membuat produk dan apa tujuan perusahaan dan merek, serta mereka bisa mendapatkan intensif atau penghargaan atas usaha percobaan atau penggunaan tersebut.Komunikasi pemasaran memungkinkan perusahaan menghubungkan merek mereka dengan orang lain, tempat, acara, merek, pengalaman, perasaan dan hal lainnya. Mereka dapat konstribusi pada ekuitas merek, dengna menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek, serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.
LINGKUNGAN KOMUNIKASI PEMASARAN YANG SEDANG BERUBAH
Meskipun komunikasi pemasaran bisa memainkan sejumlah peran penting, mereka harus melakukannya dalam lingkungan komunikasi yang semakin keras. Teknologi dan faktor-faktor lain telah sangat mengubah cara konsumen memproses komunikasi, dan bahkan jika mereka tidak memilih untuk memprosesnya sama sekali. Difusi cepat koneksi Internet broadbrand yang kuat, perekam video digital yang dapat menghilangkan iklan, telepon seluler multifungsi dan praktik tradisional mereka. Perubahan yang dramatis ini mengunggu efektifitas media massa. Pada tahun 1960, procter dan gamble dapat menjangkau 80% wanita AS dengan satu iklan komersial komersial tidak sepanjang 30 detik yang disiarkan segera hanya di tiga jaringan TV:NBC,ABC dan CBS. Saat ini, iklan yang sama harus disiarkan di 100 saluran untuk menghasilkan pencapaian pemasaran ini, dan bahkan iklan tersebut mengganggu resiko "dihilangkan" oleh konsumen yang diperkuat dengan perekanm video digital atau DVR atau disebut juga perekam video probadi. Dua kekuatan dituding sebagai penyebab penurunan dari sasaran pembidik sasaran pemasaran konsumen yang dulunya paling kuat. Yang pertama adalah terpecahnya para AS dan dengan kemajuan teknologi digital dan internet, media yang kini digunakan untuk menjangaku mereka. Kekuatan yang kedua inilah yang memiliki iklan spot 30 detik. Perekam video pribadi memungkinkan konsumen menghilangkan iklan komersial dengan menekan tombol fast-doward. Akan tetapi, meski beberapa pemasar menghindari media tradisional, dan tampatnya semakin sering konsumen tidak menyukai daya tarik pemasaran, semakin sering pemasar berusaha menguhubingi mereka. Rata-rata penduduk kota kini terpapar 3000 sampai 5000 persen iklan per hari. Iklan di hampir semua media dan bentuk semakin banyak dan beberapa konsumen yang membuat iklan tersebut semakin inisiativ. 
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN
Penagruh komunikasi pemasaran cara dimana merek dibentuk tidak menjadi masalah. Dengan kata lain, jika konsumen mempunyai asosiasi merek yang kuat, menyenangkan. Dan untik tentang konsep "luar ruang","aktif" dan "kasar". Karena paparan iklan pada televisi yang memperlihatkan mobil yang berkendara melalui lereng bertubu pada bagaian waktu dalam setahun, aatu karena fakta bahwa subaru mensponsori acara. Kegiatan komunikasi pemasaran ini harus diintegrasikan untuk menghantarkan pesan yang konsisten danmencapai positioning strategis. Titik awal dalam perencanaan komunikasi pemasaran adalah audit pada smeua interaksi potensial yang ditemui oleh pelanggan dalam pasar sasaran dengan perusahaan dan semua produk dan jasanya. Bagi pelanggan atau konsumen dapat menilai pengalaman dan kesan yang paling mempengaruhi setiap tahap proses pembelian. pemahaman ini akan membantu mereka mengalikasikan dan komuniaksi dengan lebih efisien serta merancang dan mengimplementasikan program komunikasi denga nbenar. Jika dilihat dari persepektif ekuitas merek, pemasar harus "netral media" dan mengevaluasi semua kemungkinan menurut kriteria efektifitas atau seberapa baik komunikasi itu bekerja dan juga pertimbangan efisiensi atau seberapa bedar biayanya. Pandangan kegiatan pembangunan merek yang luas ini terutama relevan ketika pemasar memperhitungkan strategi untuk kesadaran merek. Lingkungan pemasarn merupakan komponen kekuatan diluar aspek pemasaran yang dapat memepengaruhi kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan yang terdiri dari lingkungan eksternal atau makro dan lingkungan internal atau mikro (Amstrong,2006:60). Perusahaan harus mengetahui kebutuhan dan trend atau peluang yang belum terpenuhi. Perubahan lingkungan senantiasa terjadi terus menerus dalam proses perkembangan suatu negara yang secara langsung maupun tidak langsung. Hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan, pola pikir, selera, keinginan dan kebutuhan konsumen. Dalam era teknologi dan persaingan pasar yang makin ketat sekarang ini, serta limpahan informasi dan terbukanya peluang untuk mengakses informasi yang membuat konsumen makin kritus dalam memilih produk. Agar produk tersebut dapat unggul dalam persaingan dan salah satu jalan yang ditempuh oleh perusahaan adalah kemampuan mengelola dan menyampaiakan informasi kepada pelanggannya. Seiring dengan pesatnya perkembangan dan banyaknya perusahaan yang memanfaatkan iklan sebagai sarana komunikasi, maka iklan perlu diranacang sedimikian rupa sehingga mempunyai daya tarik yang dapat berupa daya tarik perasaan dengan emosi. Pemasar harus mengatuhi bagaimana pengaruh setiap lingkungan baik fisik, sosial, mikro dan makro yang semuanya berpengaruh bagi strategi pemasaran baik secara langsung maupun tidak langsung.
MODEL PROSES KOMUNIKASI
a. Model Makro Proses Komunikasi
Model makro adalah model komunikasi yang dari sembilan elemen. Dua elemen sebagai pihak utama yaitu pengirim dan penerima. Dua elemen lainnya mempresentasikan alat komunikasi uatama yaitu penyandian, pengertian, respons, dan umpan balik. Elemen terakhir adalah gangguan yang dapat mengganggu proses komunikasi.
b. Model Mikro Respon Konsumen
Model mikro komuniaksi pemasaran berkonsentrasi pada respon spesifik konsumen terhadap komunikasi. Ada empat model hierarki respons klasik yaitu AIDA,Hirarki Pengaruh, Inovasi-inovasi dan komunikasi. Semua model mengasumsikan bahwa pmbeli melewati tahapan kognitif, efektif dan perilaku.
1. Kesadaran, Jika sebagaian besar kosumen sasaran tidak menyadari produk, tugas komunikator adalah kesadaran dengan memeprkenalkan sasaran tentang produk menjadi lengkap.
2. Pengatuhan, Informasi lebih dalam mengenai produk. Konsumen sasaran mungkin memiliki kesadaran tapi tidak tahu tentang merek tersebut? Dalam hal ini komunikator harus bisa membangkitkan rasa suka konsumen sasaran terhdap produk.
3.Rasa suka, Jika konsumen sassaran mengetahui merek, apa yang mereka rasakan tentang kesadaran tapi tidak tahu banyak tentang produk. Pengatuan sangat penting untuk diberikan kepada sasaran agar informasi yang dimiliki harus dimiliki sasaran tentang produk menjadi lengkap.
4. Preferensi, Konsumen sasarab mungkin menyukai produk, tetapi tidak yang baik dibandingkan produk lain. Komunikator harus berusaha membangun preferensi konsumen dengna membandingkan kualitas, nilai, kinerja, dan fitur lain terhdap pesaing.
5. Keyakinan, Komuniaktor harus membangun dan memperkuat keyakinan dan minat kensumen sasaran untuk membeli.
5. Pembeli, Konsumen sasaran memiliki keyakinan dan minat yang kuat, namu tidak cukup tergerak untuk membeli.
c.Mengembangkan Komunikasi Efektif
Ada delapan langkap dalam mengembangkan komunikasi yang efektif.
- Mengidintikasi pemirsa atau konsumen sasaran
-Menentukan tujuan kimunikasi
-Merancang komunikasi
-Memilih saluran komunikasi
-Menetapkan total anggaran komunikasi pemasaran
-Memutuskan bauran komunikasi pemsaran (marketing mix)
-Mengukur hasil komunikasi 
-Mengelola proses komunikasi pemasaran terintegrasi
d.Hubungan Masyarakat
Hubunga masyarakat merupakan fungsi manajemen yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik (public) untuk memeperoleh pengertian, simpati dna dukungan dari mereka yang terkait atau hubungan dengan penelitian opini publik di antara mereka. Humas dapat menjaga kredibilitas organisasi tetap tinggi, menjangkau pihak-pihak yang menghindari wiraniaga atau iklan. Dengan banyaknya tugas humas, strategi humas menjadi langkah menentukan sebagai langkah untuk keberhasilan humas. Acuan strategi utamanya mengarah pada membuat suatu organisasi disukai oleh para pemangku kepentingan (stakhorder) yang menimbulokan citra positif. Strategi dalam komunikasi dua arah dengan langkah-langkah :
1. Melibatkan analisis dan penelitian
2.Pembentukan kebijakan yang dibangun di atas dasar langkah pertama
3. Bagaimana strategi dan taktik diuraikan
4. Komunikasi aktual dengan publik yang ditargetkan
5. Umpan balik terhadap organisasi, menilai dan mengavaluasi.
Humas masyarakat dalam praktik komunikasi meruapakan perwujudan dari produk humas, yang secara operasional merupakan bentuk kegiatan-kegiatan nyata. Pengertian dari stakhooder sendiri meruapakan setiap kelompok yang berada di dalam maupun diluar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan perusahaan. Stekhorder bisa berarti pula setiap orang yang mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan. Secara umum stekhorder dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok di dalam dan berada di luar. Disini dapat dijabarkan dari ke dua kelompok tersebut yakni,
Stekhorder Internal
1. Pemegang saham
2. Manajemen dan Top Executive
3. Karyawan
4. Keluarga karyawan
Stekhorder  External
1.Konsumen
2.Penyalur
3. Pemasok
4. Bank
5. Pemerintah
6. Pesaing
7. Komunitas
8. Pers
 KESIMPULAN 

Pengaruh Komunikasi Pemasaran
Pengaruh komunikasi pemasaran cara dimana merek dibentuk tidak menjadi masalah. Dengan kata lain, jika konsumen mempunyai asosiasi merek yang kuat, menyenangkan. Dan unik tentang sebaru dengan konsep “luar ruang”, “aktif”, dan “kasar”. Karena paparan iklan TV yang memperlihatkan mobil itu berkendara melalui lereng bertubu pada berbagai waktu dalam setahun, atau karena fakta bahwa Subaru mensponsori acara ski, kayak, dan speda gunung, dampaknya pada ekuitaa merek Subaru akan identik.
Hubungan Masyarakat
Hubungan masyarakat merupakan fungsi manajemen yang terncana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik di antara mereka. 
Stakhorder
Stakeholders adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA


Chris Fill Marketing Communication, Third Edition, Finansial
Times
Hermawan agus. 2012. Komunikasi Pemasarran. Jakarta. Erlangga

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar