BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian
Promosi pada hakikatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitaspemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219). Sementara Sistaningrum (2002 : 98) mengungkapkan arti adalah suatu upaya atau kegiatan perusahan dalam mempengaruhi "konsumen aktual " maupun "konsumen potensial" agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang akan datang. Konsumen aktual adalah konsumen yang langsung membeli produk yang ditawarkan pada saat atau sesat setelah promosi produk tersebut dilancarkan perusahaan. Dan konsumen potensial adalah konsumen yang berminat melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan dimasa yang akan datang.
Hubungan promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya setelah angaka penjualan cukup tinggi., suatu badan produksi atau distributor akan menguranagi kegiatan promosi. Adanya promosi penjualan dapat membantu meningkatkan penjualan dalam jangka pendek, biasanya hanya selama kegiatan tersebut diselenggarakan. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan cara memberikan hadiah gratis setiap pembelian produk dengan jumlah tertentu, memberikan sampel produk gratis kepada para konsuemn untuk menarik minat mereka akan produk yang kita tawarkan, sehingga mendorong para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.
Definisi promosi penjaulan menurut institude of sales promotion in England : Promosi penjualan terdiri dari serangkaain teknik yang diguanakn untuk mencapai sasaran-sasaran penjualan/pemasaran dengan menggunakan biaya efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka tertentu.
Promosi penjualan menggambarkan intensitif-intensitif dan hadiah-hadiah untuk membuat pelanggan membeli barang-barang perusahaan sekarang ketimbang nanti. Jika iklan adalah alat jangka panjang untuk membentuk perilaku pasar terhadap suatu merek, promosi penjualan dimaksudkan sebagai alat jangaka pendek untuk memicu terjadinya tindakan pembelian. Promosi penjualan menghasilkan respons-respons yang lebih cepat dan terukur dalam penjualan daripada yang dapat dilakukan oleh iklan. Sekarang ini pembagian antara periklanan dan promosi penjualan adalah 30-70.
Pertumbuhan promosi penjualan yang mencerminkan prioritas perusahaan yang lebih tinggi berkaitan dengan penjualan saat ini daripada terhadap pembentukan mek jangka panjangnya. Ini adalah satu bentuk hasil dari transaction marketing (TM) ketimbang relantionship marketing (RM). Promosi penjualan dapat diarahkan pada pengecer, pelanggan dan tenaga penjualan. Pengecer akan bekerja lebih keras jika diberi penawaran diskon harga, jatah iklan dan display, dna produk-produk gratis. Mungkin pelanggan membeli produk kita jia desediakan kupon-kupon potongan harga, paket harga, hadiah-hadiah dan jamina-jaminan. Tenaga penjual akan beroprasi dengan lebih giat sebagai respons atas deselenggarakan kontes-kontes berhadiah untuk kinerja terbaik.
B. peran Promosi Penjualan
Secara umum terdapat tiga tujuan dari promosi penjualan yaitu :
1. Merangsang permintaan oleh pengguna industri atau konsumen rumah tangga.
2. Memperbaiki kinerja pemasaran dari penjualan kembali.
3. Sebagai suplemen periklanan, penjualan tata muka, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.
Secara spesifik, tujuan tujuan promosi penjualan hampir sama dengan periklanan yaitu agar konsumen mau mencoba penggunaan produk, mendorong peningkatan pengeluaran sepanjang masa liburan, dan mendorong konsumen yang sudah da agar menggunakan produk lebih sering lagi.
C. Hubungan Promosi Pennjualan dengan Periklanan
Perbedaan promosi penjualan dengan periklanan
Periklanan
|
Promosi penjualan
|
·
Menciptakan citra
·
Berdasarkan pada daya tarik emosional
·
Menambah nilai yang tidak berwujud rasional
·
Memberil kontribusi yang moderat pada barang atau
jasa
|
·
Menciptakan tindakan segera
·
Berdasarkan pada daya tarik barang atau jasa
·
Menambah nilai nyata produk pada produktifitas
perusahan
·
Memberik kontribusi besar pada prfotabilitas
perusahaan
|
D. Tujuan
Adapun manfaat dari promosi pemnjualan selain untuk meningkatkan tujuan omset perusahaan itu sendiri. Promosi pemnjualan yang dilakukan oleh penjual dapat dikelompokkan berdasar tujuan yang ingin dicapai. Pengelompokkan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Customer promotion
yaitu promosi yang bertujuan untuk mendorong atau merangsang pelanggan untuk membeli.
2. Trade promotion
yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pedagang grosir, pengecer, eksportir, dan importir untuk memperdagangkan barang/ jasa dari sponsor.
3. Sales-force promotion
yaitu promosi penjualan yang bertujuan memotivasi armada penjualan.
4. Business promotion
yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahankan kontrak hubungan dengan pelanggan, memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada pelanggan banyak kepada pelanggan dan membidik pelanggan.
Namun yang jelas apapun jenis kebituhan yang akan diprogramkan untuk dipengaruhi, tetap pada perencanaan bagaimana agar tetap eksis dan berkembang. Apalagi jika perusahaan tersebut mempunyai lini produk lebih dari satu macam.
E. Consumer-Market Sales Promotion Techniques
1. Coupns (kupon)
Sertifikat yang memberi hak pada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperi yang tercetak untuk pembelian produk tertentu. Kupon dapat dikirm, disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalam iklan di maajalah dan Koran. Kupon agar efektif sebaiknya memberikan penghematan 15%sampai 20%
2. Price-off Deals
Memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari 10%-25 %.
3. Premium and advertising specialities
Barang yang ditawarkan dengan biaya yang relative rendah atau gratis sebagai intensitif untuk membeli produk tertentu. Premi dengan paket menyertai produk di dalam denda atau pada kemasan. Kemasan itu sendiri, jika berupa wadah yang dapat digunakan kembali dapat berfungsi sebagai premi. Contohnya : sabun lux melakukan promosi yang menyelipkan cicilan berlian dalam kemasannya. advertising specialities mempunyai 3 elemen kunci, yaitu : a massage, place on a useful item, and given to consumers with no obligation. Contohnya kalender, t-shirts, coffea mugs, topi base ball, pens and computer mose pad.
4. Contest and sweepstakes (Konteks dan Undian)
Hadiah adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barang-barang karena membeli sesuatu. Ada juga beberapa kontes tentang membuat jingle suatu produk.
5. Sampling and trial offers (pemberian contoh produk)
Penawaran gratis untuk se jumlah produk atau jasa. Smapel itu dapat dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sampel adalah cara yang paling teknik yang dipergunkan pada sampling.
- In-store sampling
Yang umum digunakan untuk produk-produk makanan dan kosmetika.
- Door-to-door sampling
Teknik ini lumayan mahal karena besarnya biaay tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai pada area geografis tertentu.
- Mail sampling
Mengirimkan sample melalui jasa pos. Sekalia lagi perusahaan harus mengetahui kode daerah pos yang dapat ditargetkan. Bisa juga jasa layanan pos merupakan alternative dari distributor door-to-door.
-Newspaper sampling
Teknik yang populer pada beberapa tahun terakhir ini dan hampir 42% konsumen melapor menerima sample.
-On-Package sampling
Teknik dimana sample barang disisipkan pada konsumen produk lain, sangat berguna untuk Brands Targeted. Contohnya : pembelian shampoo pantane berhadiah conditioner pantene.
-Metode sampling
Membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, oekan raya, dan pusat perbelanjaan.
6. Barand (Product) placement
Salah satu teknik dari sales promotion untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah acara televisi atau film. Contoh : agent inggris 007, james bond, menggantikan mobil Aston martin sports dengan New BMW Z3, suatu penempatan merek pada film golden eye sehingga pihak promosi BMW menghasilkan 6000 pesanan untuk tipe Z3.
7. Rebetes (Rabat/ tawaran pengembalian tunai)
Memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi dan buka pada toko pengecer. Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen. Dikenal dalam tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat satu gratis.
8. Frequency (Continuity)
Program ini merupakan salah satu teknik sales promotion yang populer diantara konsumen. Frequency programs, juga mengarah kepada program-program yang berkelanjutan, seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama.
9. Event Sponsorship
Ketika perusahaan mensponsori suatu acara, seperti pertandingan balap mobil, konser musik atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas Merk meningkat bersamaan dnegan para penonton di acara tersebut. Contoh : Bank mensponsori acara berbagi dengan aceh, Wishmilak mengadakan pertandingan Tenis internasional di Bali.
PENUTUP
A. KESIMPULANSetiap perusahaan entah itu perusahaan kecil atau pun besar pasti melakukan promosi penjualan yang di maksudkan untuk memperoleh laba yang di inginkan suatu perusahaan tersebut, besar kecilnya biaya promosi penjualan yang dilakukan perusahaan tersebut tergantung dari seberapa besar bisnis perusahaan tersebut.
B. Saran
Untuk melakuakan strategi dalam promosi penjualan disarankan agar menyesuaikan keuangan dari perusahaan dari perusahaan tersebut agar tidak mengalami kerugian.
Daftar pustaka
http://dhanialfirdaus.wordpress.com/2008/11/06/definisipengertian-promosi-fungsitujuan-bauran-promosi-promotional-mix-produk/
(Posted onNovember 6,2008)
http://tutyhardiasiwi.wordpress.com/2010/10/13/promosi-penjualan/{October13, 2010@9:23 pm}. {Komunikasi
Pemasaran
http://www.smartfren.com/ina/overview/
(juni2013)












Tidak ada komentar:
Posting Komentar